GERHANA BULAN TOTAL 16 JUNI 2011 DAPAT DINIKMATI DI WILAYAH INDONESIA

Gerhana Bulan 16 Juni 2011

Gerhana Bulan 16 Juni 2011

Pada hari Kamis 16 Juni 2011 Pukul 01.23 WIB sampai dengan 05.02 WIB (dini hari) di seluruh wilayah Indonesia akan menyaksikan fenomena alam yang sangat spektakuler: GERHANA BULAN TOTAL. Di mana peristiwa fenomenal ini dapat kita saksikan tanpa alat dan media apapun, alias dengan mata telanjang.

Gerhana bulan ini dapat kita saksikan mulai pukul 01.23 WIB (Dini Hari). Dalam rentang waktu yang tidak lama, yakni pukul 02.22 WIB sampai pukul 04.03 WIB kita dapat menyaksikan Gerhana Bulan Total.

“Bulan akan ditutup oleh bayangan bumi, yang tadinya bulan berwarna putih akan menjadi hitam kemerahan dan itu berlangsung cukup lama. Ini spektakuler kalau disaksikan,” ujar Direktur Observatorium Bosscha Lembang Hakim L Malasan seperti dikutip oleh Detik.com, Selasa (7/6/2011).

Fenomena gerhana bulan ini juga dapat menjadi sarana untuk observasi keadaan atmosfer kita. “Sangat menarik, dari gerhana ini bisa menggambarkan bagaimana kualitas atmosfer di bumi,” ujar profesor riset bidang astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin ketika berbincang dengan Detik.com, Selasa (7/6/2011).

Kalau atmosfernya bersih, imbuhnya, mulai dari gerhana bulan sebagian, terlihat batas yang jelas antara bayangan bumi dan permukaan bulan yang sedang purnama itu.

“Terlihat masih jernih (batasan bayangan bumi dan bulan purnama), bayangan bumi di permukaan bulan terlihat gelap,” jelasnya.

Sebaliknya, jika atmosfer tersebut kualitas udaranya jelek, maka saat memasuki gerhana bulan sebagian, bayangan bumi yang seharusnya gelap itu terlihat merah. Begitu pula jarak antara bayangan bumi dan permukaan bulan purnama, terangnya berpendar kemerahan dan tidak tegas.

Atmosfer yang kotor itu, Thomas menjelaskan, karena faktor letusan gunung berapi yakni partikel-partikel debu vulkanik yang mencapai lapisan stratosfer.

Gerhana bulan ini dapat dilihat secara on line via video streaming di website Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dengan alamat web depkominfo.go.id dan juga website Bossca dengan alamat web bossca.itb.ac.id.

Visualisasi Gerhana Bulan total 16 Juni 2011 ini dapat dilihat pada video berikut ini:

(video visualiasi gerhana total 16 Juni 2011 ini sudah saya Upload di Youtube.com, untuk download videonya klik link ini!)

Peristiwa astronomi ini bukan saja menarik untuk diamati, tapi juga patut kita apresiasi. Sebagai umat Muslim ada hal penting yang patut kita lakukan ketika terjadi gerhana, yaitu Sholat Sunnah Gerhana (Khusuf & Kusuf). Oleh sebab itu jangan lupa, sambil mengamati fenomena gerhana bulan yang sensasional ini kita lakukan sholat gehana secara berjama’ah.

By: M.KHOIRUL ANAM

3 Tanggapan

  1. mari kita saksikan gerhana bulan dan diusahakan dapat melaksanakan sholat gerhana bersama yang dikomandani oleh pengurus NU

  2. makasih informasinya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: