PELAKSANAAN RUKYATUL HILAL RAJAB 1432 H

Pelataran Rukyah Tanjung Kodok Lamongan

Sesuai dengan agenda yang telah disepakati bersama, hari Kamis 02 Juni 2011 tepat pukul 14.00 WIB Tim Hisab Rukyat Lajnah Falakiyah NU Lamongan berkumpul di PP. Nurul Huda Sumberwudi Karanggeneng Lamongan mulai berangkat ke lokasi rukyat (Tanjung Kodok). Rombongan ini bertolak ke PP. Al-Fathimiyah Banjaranyar Paciran Lamongan untuk mengikuti pertemuan semi formal untuk menggodok langkah-langkah strategis yang akan dilaksanakan LFNU Lamongan ke depan dalam berkhidmat kepada umat di bidang Hisab dan Rukyat.

Sekitar pukul 16.30 WIB rombongan berangkat ke lokasi rukyat, tepatnya di pelataran Rukyatul Hilal Tanjung Kodok di area Wisata Bahari Lamongan (WBL). Menurut rencana Tim Hisab Rukyat LFNU Lamongan akan diikuti oleh sekitar 130 orang –seperti dalam izin LFNU Lamongan ke pihak Managemen WBL- yang terdiri dari:

  • Pengurus Pimpinan Cabang Lajnah Falakiyah NU Lamongan
  • Majlis Wakil Cabang (MWC) NU Paciran
  • Mahasiswa Ma’had Aly PP Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan
  • Siswa-siswi Madrasah Mu’allimin Mu’allimat PP Sunan Drajat Banjaranyar Paciran Lamongan

Ternyata –setelah rombongan Tim Hisab Rukyat LFNU Lamongan datang ke lokasi– di pelataran Rukyat Tanjung Kodok sudah berkumpul lebih kurang 150 orang yang terdiri dari rombongan Tim Hisab Rukyat Sidoarjo dan Jombang. Karena begitu banyaknya volume peserta rukyat sehingga rukyat kali ini terlihat begitu semarak. Seluruh peserta terlihat cukup antusias ketika acara prosesi detik-detik rukyat dilaksanakan.

Prosesi rukyat ini dipimpin dan dipandu langsung oleh M. KHOIRUL ANAM selaku Ketua LFNU Lamongan. Dengan seksama seluruh peserta memusatkan pandangan mata menuju ke arah (Azimuth) hilal, sambil berharap semoga hilal kali ini bisa terlihat.

Sayang ketika  detik-detik rukyat dilaksanakan cuaca di sekitar lokasi sangat tidak mendukung. Mendung tipis bahkan mendung tebal bertebaran di angkasa. Dan tepat di arah (Azimuth) hilal ternyata mendung tidak juga hilang dan menyingkir, meski angin terasa begitu kencang berhembus.

Tepat pukul 17.42 WIB pelaksanaan rukyat ditutup dengan kesimpulan bahwa Rukyatul Hilal awal bulan Rajab 1432H di Tanjung Kodok Lamongan tidak berhasil melihat hilal. Acarapun ditutup dengan do’a oleh K. SU’UDIL AZKA (Wk. Ketua IV LFNU Lamongan)

Namun Wk. Ketua LFNU Lamongan MUZAKKIN, mendapat SMS dari PBNU bahwa trelah berhasil melihat hilal di Jakarta dan Jawa Tengah. Dan PBNU menyatakan bahwa tanggal 01 Rajab 1432 H jatuh pada hari Jum’at tanggal 03 Juni 2011 M.

By: M. KHOIRUL ANAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: