21 Desember 2012 KIAMAT?

“Mitos ini tidak apa-apa selain menakut-nakuti anak-anak dan mempromosikan film” (Michael E. Bakich)
Mayan architecture 

Bangsa Maya arsitek hebat, dan mereka menyaksikan planet dengan hati-hati. Mereka bagaimanapun tidak meramalkan akhir dunia. Foto oleh Wikipedia

Mitos bahwa dunia akan berakhir pada bulan Desember 2012 dimulai dengan klaim bahwa Nibiru, sebuah planet ditemukan oleh bangsa Sumeria, sedang menuju ke arah Bumi. Zecharia Sitchin, yang menulis fiksi tentang peradaban Mesopotamia kuno Sumeria, mengklaim dalam beberapa buku (misalnya, The Twelfth Planet , The Stairway to Heaven, The End of Days ) bahwa ia telah menemukan dan diterjemahkan dokumen Sumeria yang mengidentifikasi sebuah planet – Nibiru – mengorbit Matahari setiap 3.600 tahun. Dongeng Sumeria’s Sitchin memasukkan cerita astronot mengunjungi Bumi dari sebuah peradaban asing yang disebut Anunnaki.

Setelah buku-buku ini muncul, Nancy Lieder, menyatakan diri sebagai ahli Psikis, menulis di situsnya ZetaTalk web bahwa penduduk sebuah planet fiksi mengorbit bintang terdekat Zeta Reticuli memperingatkan bahwa bumi berada dalam bahaya dari Nibiru. Prediksi itu mengatakan benturan Nibiru dan Bumi akan terjadi pada Mei 2003.

Ketika pada Mei 2003, diprediksi tanggal kiamat maju sampai Desember 2012. Karena ramalan itu menyatakan bahwa titik balik matahari musim dingin pada tahun 2012 – maka tanggal kiamat diperkirakan pada tanggal 21 Desember 2012.

Nibiru adalah nama dalam astrologi Babel kadang-kadang dikaitkan dengan dewa Marduk. Sarjana Mesopotamia kuno membantah klaim Sitchin bahwa Nibiru adalah sebuah planet dan bahwa Sumeria tahu tentang hal itu. Sumeria adalah sebuah peradaban besar, tetapi mereka meninggalkan beberapa catatan astronomi. Mereka tidak memahami bahwa planet mengorbit Matahari. Ide itu pertama kali dikembangkan di Yunani kuno dua ribu tahun setelah berakhirnya Sumeria.

Beberapa orang mengklaim Nibiru NASA ditemukan pada tahun 1983 dengan menggunakan Satelit Astronomi Inframerah (IRA), yang melakukan survey selama 10 bulan di angkasa. Sumber inframerah IRA pada katalog 350.000, dan pada awalnya banyak dari sumber yang tak dikenal. Para astronom telah menindaklanjuti semua pengamatan dengan instrumen yang lebih kuat baik di lapangan dan di ruang angkasa. Rumor tentang planet ke-10 meletus pada tahun 1984 setelah sebuah makalah ilmiah muncul di Astrophysical Journal Letters berjudul “sumber titik teridentifikasi dalam IRA minisurvey.” Pada tahun 1987, para ilmuwan mempublikasikan identifikasi objek-objek ini misteri galaksi jauh. Tidak ada sumber IRA pernah berubah menjadi sebuah planet.

Klaim bahwa “Planet X” yang disebut Eris adalah absurd. Eris adalah salah satu dari beberapa planet kerdil baru-baru ini ditemukan oleh para astronom di luar tata surya. Semua objek pada orbit normal jauh dari Bumi. Eris lebih kecil dari kita Moon (bulan), dan orbitnya tidak pernah membawa lebih dekat dari sekitar 4 miliar mil (6,5 milyar km).

Orang-orang percaya dalam mitos Nibiru tabrakan foto dan video di internet yang muncul menunjukkan planet ini. Sebagian besar foto dan video yang menunjukkan beberapa fitur di dekat Matahari. Beberapa orang yang mendukung meyakini bahwa Nibiru telah bersembunyi di balik matahari selama beberapa tahun terakhir. Foto-foto adalah gambar sekunder dari Matahari yang disebabkan oleh refleksi internal di lensa. Fotografer profesional pasti tahu bahwa ini adalah flare (semburan api) dari lensa. Gambar tersebut muncul secara kebalikan gambar matahari, yang nampak seakan-akan tercermin dari pusat gambar. Lens flare terutama tampak jelas dalam video,  seperti karena bergeraknya kamera, gambar yang bergerak ini adalah palsu, sebab justru menampakkan kebalikan dari gambaran yang nyata.

Kurang fakta-fakta, beberapa pendukung tabrakan planet ini mengklaim bahwa pemerintah merahasiakan fakta ini. Jika Nibiru adalah nyata, ribuan astronom di seluruh dunia akan melakukan pelacakan sekarang.

Dengan semua yang kita ketahui tentang mitos ini, mengapa ada begitu banyak kegembiraan itu? Siapa yang mempromosikan klaim tersebut? Jawaban sederhana tampaknya Columbia Pictures. Publisitas untuk film baru Columbia 2012 , yang dirilis pada bulan November 2009, di mana-mana. trailer film ini menunjukkan gelombang pasang pecah di atas Himalaya, dengan kata-kata berikut: “How would the governments of our planet prepare 6 billion people for the end of the world? [long pause] They wouldn’t. [long pause] Find out the Truth. Google search 2012.” (“Bagaimana pemerintah bumi ini mempersiapkan 6 miliar orang untuk akhir dunia / kiamat?  [berhenti panjang] Mereka tidak akan pernah mempersiapkan[berhenti panjang] Carilah kebenaran. Google Search 2012. “) . Coba Anda mengunjungi Youtube akan menemukan trailer di bawah ini:

 


Untuk film, Columbia membuat situs web palsu ilmiah (www.instituteforhumancontinuity.org). Situs ini milik sebuah organisasi fiktif bernama Institute for Human Continuity (Posyandu). Menurut situs web, misi IHC adalah kelangsungan hidup manusia.

Sumber: Astronomy.com

2 Tanggapan

  1. NU sudah mulai hebat, setiap banom, lajnah dan lemabag yang ada dibawah binaan NU sudah mempublikasikan diri di dunia maya (web).
    masalahnya sekarang adalah apakah orang orang NU sudah mulai melek tehnologi????
    Semoga waga nahdliyin semakin dewasa dan tdk gaptek sehingga menjadi lbh cpat cerdas dan smakin dewasa shg tdk tertinggal dengan yang lain.
    selamat buat NU

    • @millatahanifah: syukron sdh brkunjung ke web Lajnah Falakiyah Lamongan dan memberikan komentar. Jawaban atas pertanyaan Anda adalah web ini. Artinya, bisa jadi dengan web lajnah falakiyah dan web banom/lembaga yg lain bisa memicu Ghiroh warga NU untuk tdk Gaptek, sehingga ke depan semua bisa melek teknologi. Semoga!

Tinggalkan komentar